By using this site, you agree to the Privacy Policy and Terms of Use.
Accept
Sekala.id
  • Nasional
  • Daerah
    • Samarinda
    • Balikpapan
    • Bontang
    • Kutai Kartanegara
    • Kutai Timur
    • Kutai Barat
  • Peristiwa
  • Hukum & Kriminal
  • Politik
  • Ekonomi
  • Lainnya
    • Pemerintahan
    • Parlemen
    • Advertorial
    • Kultur
    • Olahraga
    • Hiburan
    • Inspirasi
Sekala.idSekala.id
Font ResizerAa
  • Nasional
  • Daerah
  • Hukum & Kriminal
  • Politik
  • Ekonomi
  • Pemerintahan
  • Parlemen
  • Kultur
  • Olahraga
  • Peristiwa
  • Inspirasi
  • Advertorial
  • Hiburan
Search
  • Nasional
  • Daerah
    • Balikpapan
    • Bontang
    • Kutai Kartanegara
    • Samarinda
    • Kutai Barat
  • Hukum & Kriminal
  • Politik
  • Ekonomi
  • Pemerintahan
  • Parlemen
  • Kultur
  • Olahraga
  • Peristiwa
  • Inspirasi
  • Advertorial
  • Hiburan
Have an existing account? Sign In
Follow US
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
© 2023 sekala.id. PT Sekala Media Klausa. All Rights Reserved
AdvertorialKutai KartanegaraPemerintahan

Tak Semua Bisa Online, Disdukcapil Kukar Hadirkan Dua Jalur Layanan

Redaksi
By Redaksi
Published: Kamis, 8 Mei 2025
Share
Pelayanan Disdukcapil Kukar.
Pelayanan Disdukcapil Kukar. (Foto: Ist)
SHARE

Kukar, Sekala.id – Dengan keterbatasan infrastruktur jaringan di wilayah pedalaman, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Kartanegara mengambil langkah dengan menerapkan sistem layanan administrasi ganda (online dan offline) demi memastikan setiap warga tetap mendapatkan hak pelayanan kependudukan.

Sejak peluncuran sistem administrasi digital pada 5 April 2020, Disdukcapil Kukar telah mendorong transformasi layanan berbasis daring. Namun, pelaksanaannya di lapangan masih menghadapi hambatan teknis, terutama di desa-desa yang belum terjangkau sinyal internet.

“Masih ada wilayah-wilayah yang kesulitan mengakses layanan online karena keterbatasan jaringan. Untuk itu, kami menerapkan sistem layanan ganda,” kata Kepala Disdukcapil Kukar, M. Iryanto, saat ditemui di Tenggarong.

Sistem ini memungkinkan masyarakat memilih antara pengajuan dokumen secara digital maupun langsung datang ke layanan tatap muka. Bagi warga yang tidak memiliki perangkat digital atau belum memahami penggunaan platform daring, Disdukcapil membuka akses layanan di kantor kecamatan, kelurahan, hingga ke desa-desa.

Menurut Iryanto, kepala desa kini juga dilibatkan aktif dalam membantu masyarakat mengakses layanan.

“Mereka bisa datang ke kantor desa, di samna petugas yang ditunjuk akan membantu proses pengajuan secara digital,” ujarnya.

Langkah ini dinilai sebagai wujud nyata penyatuan pelayanan publik. Dengan melibatkan perangkat desa dan menyesuaikan model layanan dengan kondisi geografis, Disdukcapil Kukar berupaya mencegah terjadinya kesenjangan administrasi di tengah masyarakat.

Koordinasi lintas sektor pun terus dijalankan. Disdukcapil rutin berkomunikasi dengan jajaran pemerintah desa untuk memastikan bahwa bantuan layanan benar-benar menjangkau warga, termasuk mereka yang tinggal di kawasan blank spot.

“Kami ingin memastikan tidak ada warga yang tertinggal hanya karena faktor teknis. Layanan ini harus menjangkau semua lapisan,” tambah Iryanto.

(Jor/El/ADV/Pemkab Kukar)

TAGGED:Disdukcapil KukarMuhammad Iryanto
Share This Article
Facebook Pinterest Whatsapp Whatsapp Email Copy Link Print
Previous Article Bupati Kukar, Edi Damansyah meresmikan Kantor Lurah dan Gedung BPU Kelurahan Bukit Biru, Kecamatan Tenggarong. Kantor dan Gedung Baru di Bukit Biru Diresmikan, Bupati Kukar Tekankan Perubahan Budaya Kerja
Next Article Polemik Pengusiran Kuasa Hukum RSHD, Advokat Kaltim Minta Klarifikasi ke DPRD

Berita Undas

Geger Napi Kendalikan Bisnis Sabu, Lapas Samarinda Terapkan Pemeriksaan Berlapis
Selasa, 5 Agustus 2025
Ketua DPRD Kabupaten Mahulu Devung Paran, Pimpin PAW Lut Minal Abidin Gantikan Suhuk SE
Selasa, 5 Agustus 2025
Beras Mahal tapi Mutunya Tak Layak, Ini Temuan DPPKUKM Kaltim di Pasaran
Selasa, 5 Agustus 2025
Mitra Maxim Geruduk Kantor Gubernur Kaltim, Tuntut Kantor Dibuka Kembali dan Audit Aplikator Secara Adil
Selasa, 5 Agustus 2025
Parkir Liar di Titik Rawan Macet, Dishub: Pengelola Usaha Jangan Lepas Tangan
Selasa, 5 Agustus 2025

Berita yang mungkin kamu sukai

Advertorial

Kecamatan Kota Bangun Darat Siapkan Layanan Jemput Bola untuk Percepat Perekaman e-KTP

2 Min Read
Peresmian gedung posyandu Flamboyan II.
Advertorial

Kukar Genjot Revitalisasi Posyandu, Sudah 50 Lebih Unit Dibangun hingga 2025

2 Min Read
Advertorial

Pemkab Mahulu Gaungkan Semangat Maju Bersama Indonesia Raya di Hari Sumpah Pemuda ke-96

2 Min Read
Penyerahan bantuan Karang Taruna
Advertorial

Dispora Kaltim Berikan Dukungan Digital untuk Karang Taruna Samarinda: Laptop, Printer, dan Pelatihan Teknologi

2 Min Read
Sekala.id

Afiliasi:

Logo SMSI
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
© 2023 sekala.id. PT Sekala Media Klausa. All Rights Reserved
Welcome Back!

Sign in to your account

Nama Pengguna
Password

Lost your password?