By using this site, you agree to the Privacy Policy and Terms of Use.
Accept
Sekala.id
  • Nasional
  • Daerah
    • Samarinda
    • Balikpapan
    • Bontang
    • Kutai Kartanegara
    • Kutai Timur
    • Kutai Barat
  • Peristiwa
  • Hukum & Kriminal
  • Politik
  • Ekonomi
  • Lainnya
    • Pemerintahan
    • Parlemen
    • Advertorial
    • Kultur
    • Olahraga
    • Hiburan
    • Inspirasi
Sekala.idSekala.id
Font ResizerAa
  • Nasional
  • Daerah
  • Hukum & Kriminal
  • Politik
  • Ekonomi
  • Pemerintahan
  • Parlemen
  • Kultur
  • Olahraga
  • Peristiwa
  • Inspirasi
  • Advertorial
  • Hiburan
Search
  • Nasional
  • Daerah
    • Balikpapan
    • Bontang
    • Kutai Kartanegara
    • Samarinda
    • Kutai Barat
  • Hukum & Kriminal
  • Politik
  • Ekonomi
  • Pemerintahan
  • Parlemen
  • Kultur
  • Olahraga
  • Peristiwa
  • Inspirasi
  • Advertorial
  • Hiburan
Have an existing account? Sign In
Follow US
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
© 2023 sekala.id. PT Sekala Media Klausa. All Rights Reserved
PemerintahanSamarinda

Saat Samarinda dan Balikpapan Memimpin Laporan, Ombudsman Jemput Bola ke Pinggiran

Redaksi
By Redaksi
Published: Rabu, 11 Desember 2024
Share
Kepala Keasistenan Penerimaan dan Verifikasi Laporan Ombudsman RI Kaltim, Frederikus Denny C, menyampaikan hasil laporan Ombudsman di Kaltim.
Kepala Keasistenan Penerimaan dan Verifikasi Laporan Ombudsman RI Kaltim, Frederikus Denny C, menyampaikan hasil laporan Ombudsman di Kaltim. (Foto: Sekala)
SHARE

Samarinda, Sekala.id – Samarinda dan Balikpapan, dua kota besar di Kalimantan Timur (Kaltim), kembali menjadi pusat perhatian Ombudsman RI Kaltim. Sepanjang tahun 2024, keduanya mencatat jumlah laporan pengaduan pelayanan publik tertinggi di provinsi ini, 104 laporan dari Samarinda dan 71 laporan dari Balikpapan.

“Jumlah laporan yang tinggi di Samarinda dan Balikpapan menunjukkan kesadaran masyarakat yang sudah cukup baik terhadap mekanisme pengaduan. Namun, di daerah lain seperti Kutai Barat yang hanya mencatat tiga laporan, masalahnya bukan hanya soal layanan publik, tetapi juga akses terhadap informasi dan keberanian melapor,” ujar Frederikus Denny C., Kepala Keasistenan Penerimaan dan Verifikasi Laporan Ombudsman RI Kaltim, saat memaparkan temuan di Hotel Harris Samarinda, Selasa (10/12/2024).

Data Ombudsman menunjukkan bahwa laporan dari daerah terpencil seperti Mahakam Ulu (52 laporan) dan Paser (28 laporan) memang mulai bermunculan, tetapi masih jauh dari harapan. Minimnya akses informasi dan jarak yang jauh dari kantor Ombudsman menjadi penghalang utama.

Sementara itu, di Samarinda dan Balikpapan, masyarakat lebih mudah melaporkan masalah pelayanan publik berkat kedekatan geografis dan keberadaan kantor Ombudsman. Melihat tantangan ini, Ombudsman Kaltim meluncurkan program jemput bola, sebuah inisiatif yang dirancang untuk menjangkau masyarakat di pelosok. Wilayah seperti Mahakam Ulu dan Penajam Paser Utara menjadi fokus utama dengan pendekatan edukasi langsung.

“Kami turun langsung ke wilayah-wilayah terpencil, memberikan edukasi tentang mekanisme pengaduan, dan mendistribusikan brosur. Masyarakat harus tahu bahwa mereka punya hak untuk mendapatkan layanan publik yang baik,” jelas Frederikus.

Program ini tidak hanya bertujuan meningkatkan jumlah laporan, tetapi juga memastikan bahwa laporan yang masuk mencerminkan realitas di lapangan. Dengan begitu, Ombudsman dapat mendorong perbaikan yang lebih substansial di semua wilayah Kaltim, bukan hanya di pusat kota. (Jor/El/Sekala)

TAGGED:Frederikus Denny COmbudsman RI Kaltim
Share This Article
Facebook Pinterest Whatsapp Whatsapp Email Copy Link Print
Previous Article Lokasi Kecelakaan maut yang menewaskan tiga relawan GMS di tikungan Perum Vila Tamara, Jalan AW Sjahranie, Kelurahan Gunung Kelua, Samarinda Ulu, Senin (9/12/2024) malam. Pelajaran dari Kecelakaan Kendaraan Relawan di Vila Tamara, Bahaya Angkut Penumpang di Bak Terbuka
Next Article Pemkot Samarinda Sidak Bapokting Menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2025 Strategi Samarinda Menjaga Stok Pangan: Dari Gudang Bulog hingga Kerja Sama Lintas Daerah

Berita Undas

Geger Napi Kendalikan Bisnis Sabu, Lapas Samarinda Terapkan Pemeriksaan Berlapis
Selasa, 5 Agustus 2025
Ketua DPRD Kabupaten Mahulu Devung Paran, Pimpin PAW Lut Minal Abidin Gantikan Suhuk SE
Selasa, 5 Agustus 2025
Beras Mahal tapi Mutunya Tak Layak, Ini Temuan DPPKUKM Kaltim di Pasaran
Selasa, 5 Agustus 2025
Mitra Maxim Geruduk Kantor Gubernur Kaltim, Tuntut Kantor Dibuka Kembali dan Audit Aplikator Secara Adil
Selasa, 5 Agustus 2025
Parkir Liar di Titik Rawan Macet, Dishub: Pengelola Usaha Jangan Lepas Tangan
Selasa, 5 Agustus 2025

Berita yang mungkin kamu sukai

Pemerintahan

17 KPPS Diduga Keracunan Makanan, Wali Kota Samarinda Minta Perketat Kualitas Konsumsi

1 Min Read

Gempa 4,6 Magnitudo Goyang Mahakam Ulu, Getaran Terasa hingga Samarinda

1 Min Read
Pemerintahan

Harga Bapokting Naik Jelang Idul Adha, Andi Harun: Jika Tidak Normal, Pemkot Samarinda Akan Turun Tangan

1 Min Read
Advertorial

Kebakaran Melanda Timbau, Wabup Kukar Beri Dukungan dan Salurkan Bantuan

2 Min Read
Sekala.id

Afiliasi:

Logo SMSI
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
© 2023 sekala.id. PT Sekala Media Klausa. All Rights Reserved
Welcome Back!

Sign in to your account

Nama Pengguna
Password

Lost your password?