By using this site, you agree to the Privacy Policy and Terms of Use.
Accept
Sekala.id
  • Nasional
  • Daerah
    • Samarinda
    • Balikpapan
    • Bontang
    • Kutai Kartanegara
    • Kutai Timur
  • Peristiwa
  • Hukum & Kriminal
  • Politik
  • Inspirasi
  • Lainnya
    • Pemerintahan
    • Parlemen
    • Advertorial
    • Kultur
    • Olahraga
    • Hiburan
Sekala.idSekala.id
Font ResizerAa
  • Nasional
  • Daerah
  • Hukum & Kriminal
  • Politik
  • Pemerintahan
  • Parlemen
  • Kultur
  • Olahraga
  • Peristiwa
  • Inspirasi
  • Advertorial
  • Hiburan
Search
  • Nasional
  • Daerah
    • Balikpapan
    • Bontang
    • Kutai Kartanegara
    • Samarinda
  • Hukum & Kriminal
  • Politik
  • Pemerintahan
  • Parlemen
  • Kultur
  • Olahraga
  • Peristiwa
  • Inspirasi
  • Advertorial
  • Hiburan
Have an existing account? Sign In
Follow US
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
© 2023 sekala.id. PT Sekala Media Klausa. All Rights Reserved
PemerintahanSamarinda

Saat Samarinda dan Balikpapan Memimpin Laporan, Ombudsman Jemput Bola ke Pinggiran

Redaksi
By Redaksi
Published Rabu, 11 Desember 2024
Share
Kepala Keasistenan Penerimaan dan Verifikasi Laporan Ombudsman RI Kaltim, Frederikus Denny C, menyampaikan hasil laporan Ombudsman di Kaltim.
Kepala Keasistenan Penerimaan dan Verifikasi Laporan Ombudsman RI Kaltim, Frederikus Denny C, menyampaikan hasil laporan Ombudsman di Kaltim. (Foto: Sekala)
SHARE

Samarinda, Sekala.id – Samarinda dan Balikpapan, dua kota besar di Kalimantan Timur (Kaltim), kembali menjadi pusat perhatian Ombudsman RI Kaltim. Sepanjang tahun 2024, keduanya mencatat jumlah laporan pengaduan pelayanan publik tertinggi di provinsi ini, 104 laporan dari Samarinda dan 71 laporan dari Balikpapan.

“Jumlah laporan yang tinggi di Samarinda dan Balikpapan menunjukkan kesadaran masyarakat yang sudah cukup baik terhadap mekanisme pengaduan. Namun, di daerah lain seperti Kutai Barat yang hanya mencatat tiga laporan, masalahnya bukan hanya soal layanan publik, tetapi juga akses terhadap informasi dan keberanian melapor,” ujar Frederikus Denny C., Kepala Keasistenan Penerimaan dan Verifikasi Laporan Ombudsman RI Kaltim, saat memaparkan temuan di Hotel Harris Samarinda, Selasa (10/12/2024).

Data Ombudsman menunjukkan bahwa laporan dari daerah terpencil seperti Mahakam Ulu (52 laporan) dan Paser (28 laporan) memang mulai bermunculan, tetapi masih jauh dari harapan. Minimnya akses informasi dan jarak yang jauh dari kantor Ombudsman menjadi penghalang utama.

Sementara itu, di Samarinda dan Balikpapan, masyarakat lebih mudah melaporkan masalah pelayanan publik berkat kedekatan geografis dan keberadaan kantor Ombudsman. Melihat tantangan ini, Ombudsman Kaltim meluncurkan program jemput bola, sebuah inisiatif yang dirancang untuk menjangkau masyarakat di pelosok. Wilayah seperti Mahakam Ulu dan Penajam Paser Utara menjadi fokus utama dengan pendekatan edukasi langsung.

“Kami turun langsung ke wilayah-wilayah terpencil, memberikan edukasi tentang mekanisme pengaduan, dan mendistribusikan brosur. Masyarakat harus tahu bahwa mereka punya hak untuk mendapatkan layanan publik yang baik,” jelas Frederikus.

Program ini tidak hanya bertujuan meningkatkan jumlah laporan, tetapi juga memastikan bahwa laporan yang masuk mencerminkan realitas di lapangan. Dengan begitu, Ombudsman dapat mendorong perbaikan yang lebih substansial di semua wilayah Kaltim, bukan hanya di pusat kota. (Jor/El/Sekala)

TAGGED:Frederikus Denny COmbudsman RI Kaltim
Share This Article
Facebook Pinterest Whatsapp Whatsapp Email Copy Link Print
Previous Article Lokasi Kecelakaan maut yang menewaskan tiga relawan GMS di tikungan Perum Vila Tamara, Jalan AW Sjahranie, Kelurahan Gunung Kelua, Samarinda Ulu, Senin (9/12/2024) malam. Pelajaran dari Kecelakaan Kendaraan Relawan di Vila Tamara, Bahaya Angkut Penumpang di Bak Terbuka
Next Article Pemkot Samarinda Sidak Bapokting Menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2025 Strategi Samarinda Menjaga Stok Pangan: Dari Gudang Bulog hingga Kerja Sama Lintas Daerah

Berita Undas

Tidak Hanya untuk Polisi, RS Bhayangkara Baru di Samarinda Juga Siap Layani Warga Umum
Kamis, 24 Juli 2025
Supardi Pimpin Kejati Kaltim, Targetkan Percepatan Penanganan Kasus
Kamis, 24 Juli 2025
Tak Beri Uang Tunai, Koperasi Merah Putih Samarinda Pilih Salurkan Bantuan Produktif
Rabu, 23 Juli 2025
Paket Seragam Sekolah di Samarinda Dikeluhkan Mahal, DPRD Akan Panggil Dinas Pendidikan
Rabu, 23 Juli 2025
Penyambutan Dandim 0912/Kubar Yang Baru Letkol Inf Doni Fransisco, Dilaksanakan Dengan Tradisi Khas Dayak
Rabu, 23 Juli 2025

Berita yang mungkin kamu sukai

Nasional

Presiden Jokowi Hadiri Festival Dahau, Ini Pesan Pj Gubernur Kaltim untuk IKN

3 Min Read
Advertorial

Kabaddi Kaltim Taklukkan Bali di BK PON, Pastikan Tiket PON XXI 2024

2 Min Read
Pemerintahan

Sinergi Google for Education dan Pemprov Kaltim Tingkatkan Mutu Pendidikan

3 Min Read
Pujasera Tuah Himba.
Advertorial

Pujasera Tuah Himba Segera Dibuka, Tenggarong Bersiap Punya Ikon Kuliner Baru

2 Min Read
Sekala.id

Afiliasi:

Logo SMSI
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
© 2023 sekala.id. PT Sekala Media Klausa. All Rights Reserved
Welcome Back!

Sign in to your account

Nama Pengguna
Password

Lost your password?