Samarinda, Sekala.id – Dengan langkah mantap, Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik, memasuki RSUD AW Sjahranie Samarinda. Udara pagi Selasa (16/4/2024), masih segar pasca libur Idulfitri, namun semangatnya tak kalah menyengat. Bersama jajarannya, ia berkeliling, memeriksa, memastikan bahwa roda pelayanan publik kembali berputar dengan lancar.
“Kita harus memastikan bahwa setiap ASN di posnya, melayani dengan hati,” ucap Akmal Malik, matanya menyisir setiap sudut ruangan.
Di ruang pendaftaran, keributan kecil terjadi. Alat pendaftaran sidik jari tampaknya menjadi sumber masalah. “Ini harus segera kita atasi,” tegas Akmal Malik, berjanji akan bekerja sama dengan manajemen rumah sakit untuk mencari solusi.
Pelayanan prima, layaknya ‘hospitality’ kelas dunia, menjadi sorotannya selanjutnya. “Layanan publik bukan sekadar tugas, tapi juga komitmen untuk kenyamanan masyarakat,” imbuhnya, mengingatkan akan pentingnya peningkatan kualitas layanan.
Kunjungan berlanjut ke Samsat. Di sini, wajah Akmal Malik berubah puas. Proses pendaftaran pajak kendaraan berjalan efisien, hanya lima menit berkat sistem online. “Ini bukti nyata peningkatan kinerja pemerintah daerah,” ujarnya, penuh harap.
Di RSUD AW Sjahranie, ia menekankan pentingnya manajemen waktu. “Kita bisa belajar dari Singapura,” katanya.
Menurutnya, manajemen waktu yang baik akan mengurangi penumpukan pasien dan meningkatkan kenyamanan.
Sebelum meninggalkan setiap instansi, Akmal Malik tak lupa mengucapkan terima kasih kepada para ASN yang telah kembali bekerja. “Terima kasih atas dedikasi kalian. Mari kita terus berupaya meningkatkan layanan publik,” tutupnya dengan janji perbaikan yang berkelanjutan. (Jor/El/Sekala)